Selasa, 27 Maret 2012

Potongan kolase cerita "Sang Guru TK"

          Hari ini,dikeheningan malam 20 maret 2012. Kusempatkan diri membuka lembaran catatanku sebagai guru TK tahun 2009 bulan oktober. Sebuah cerita biasa. Sangat biasa tapi bagiku terasa menyenangkan mengenangnya. berikut catatannya.
      Sabtu yg semangat! Walau datang agak telat, aq tidak kehilangan moment mengajar iqro' murid2ku. Indah sekali menjalani hari dengan usaha melekatkan huruf demi huruf kebenak mereka. Semoga setelah semua terserap, mereka bisa membaca rangkaian huruf arab indah dalam kitab suci Alqur'an. Sebuah harapan yg begitu kuinginkan. Mendengar ayat suci Alqur'an yg mereka baca dg lidah suci anak2 didikku. Subhanallah. 

      Saat hapalan suroh pendek, anak2 membaca ulang ayat suci yg ku bacakan. Mereka ulang dg semangat. Walau mereka belum begitu paham kenapa harus menghapal ayat2 yg terasa sulit dilidah cadel mereka, karena dilakukan bersama, anak membaca dengan kompak. Bahkan kadang2 sambil teriak lomba keras2an suara yang selalu kami ingatkan untuk membaca dangan suara yang tenang.

 Ohya,tadi habib sudah iqro' 1 hal 15. Dia muridku yang lebih menyukai istirahat daripada kegiatan dikelas, hehe... Tadi aku ajak ke ruang kelas lain untk baca iqro' agar lebih konsentrasi. Habib ini muridku yg cara belajarnya audio. Jadi kalo saat baca iqro' dia dengar sedenting saja suara, konsentrasinya langsung buyar. "ribut bu"katanya. Yah begitu selalu. Dan aq selalu belajar menemukan cara terbaik untk mengajarnya. Yang lain muridku cepat dalam membaca iqro'.  Ada yang sebentar lagi iqro' 6.

       Ada 1 lg. Muridku yang imut2 dan paling suka memelukku dari belakang. Kita sebut saja namanya Ihsan. Pagi ini dia menolak saat kuajak baca iqro'. Yah tak apalah. Dia suka merengek kalo pagi2.  Wajahnya kelihatan kering. Tidak tau mengapa, kalo sudah begitu, dia selalu memeluk meja kecil dikelas sambil menaikkan sebelah kakinya sambil berkata "bu, gambarkan mobil" dangan suara yang manja dan lucu :) .  Yah! biasanya aku suka memberi hadiah gambar mobil pada bukunya jika dia menyelesaikan kegiatan. Dan dia slalu meminta digambari gambar mobil. Dan hari ini ihsan mau melipat bentuk kapal dengan sedikit bimbingan. Alhamdulillah.

4 komentar: